Profil Desa


Profil Desa

KATA PENGANTAR

 

 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kami dapat menyusun Monografi Desa Pelindung Jaya, dalam Rangka memenuhi syarat untuk mengikuti Perlombaaan Desa Berprestasi Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017. Buku Monografi Desa Pelindung Jaya ini di susun sebagai Penjelasan data – data hasil dari Kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa yang terdiri dari Hasil Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2015 dan tahun 2016, sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah RI Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 81 Tahun 2015, Tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan maupun berbagai Kebijakan sebagai Ketentuan Pelaksanaan.

 

Kemudian atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, buku Monografi Desa ini dapat tersusun dimulai dengan Sejarah singkat berdirinya Desa Pelindung Jaya, sampai dengan data – data hasil Kegiatan Lembaga Pemerintahan Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang ada dan Kelompok – kelompok Organisasi yang secara nyata dapat menunjang Keberhasilan Program Pemerintahan Desa baik itu Pembangunan Fisik maupun Non Fisik.

 

Dengan tersusunnya buku Monogrfi desa ini tidak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih yang teramat dalam kepada

 

  1. Aparatur Pemerintahan Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur yang telah banyak memberikan Bimbingan Tehnis dan Petunjuk dalam Penyusunan buku Monografi Desa ini secara teratur.
  2. Seluruh Jajaran Pamong Desa dari tingkat Rt, Dusun, Kaur dan Kasi Desa yang telah banyak memberikan data – data keadaan dan situasi Desa Pelindung Jaya.
  3. Semua Unsur Organisasi dalam wadah LPM serta anggota Tim Penggerak PKK, yang telah banyak menyumbangkan segala bantuan Informasi Kegiatan untuk melengkapi data – data keadaan yang diperlukan.
  4. Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang telah banyak memberikan bantuan baik itu berupa Moril ataupun Materiil.
  5. Semua Pihak yang namanya tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam Penyusunan Buku Monografi Desa Pelindung Jaya.

 

Selanjutnya apabila masih terdapat kekurangan ataupun kekeliruan dalam Penyusunan isi buku Monografi Desa Pelindung Jaya ini, kami mohon sekiranya agar anggota Tim Penilai Lomba Desa Berprestasi Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017, agar sudi dan bersedia kiranya memberikan Saran dan Petunjuk guna untuk Penyempurnaan Buku Monografi Desa Pelindung Jaya ini dimasa yang akan datang.

 

Demikianlah Buku Monografi Desa Pelindung Jaya ini kami buat dan kami susun sedemikan rupa untuk dapat menjadi bahan selanjutnya.

 

 

 

 

                                                                        Pelindung Jaya,    Maret- 2017

                                                                                                         KEPALA DESA PELINDUNG JAYA

 

 

 

 

                                                                                                                              W A H A B

 

 

 

                                       SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA DESA PELINDUNG JAYA

                                                              KECAMATAN GUNUNG PELINDUNG

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

 

 

  1. LATAR BELAKANG

 

Desa Pelindung Jaya pada awalnya merupakan Daerah Umbulan yang bernama Pelindungan, yang merupakan bagian dari Desa Pempen Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Tengah.Umbulan yang bernama Pelindungan ini dikenal sebagai daerah yang paling Aman bagi para Pelarian / Buronan yang dicari – cari oleh orang – orang Belanda atau Jepang. Pada waktu itu ada semacam Kepercayaan bahwa siapapun orang yang lari dari Kejaran Orang – orang Belanda ataupun Jepang kemudian berlindung di Umbul Pelindungan ini pasti akan Selamat, dan sejak itulah Daerah Pelindungan ini mulai dikenal oleh banyak orang baik dari Dalam maupun dari Luar Daerah.

 

  1. PROSES PERKEMBANGAN PEMEKARAN DESA

 

Melalui Musyawarah Desa yang berjalan cukup panjang antara Kepala Desa Pempen ( Bp. Hi. Ismail Karim ) dengan Tokoh – tokoh Masyarakat dan Tokoh – tokoh Adat Desa Pempen yang di Fasiliatsi oleh Aparat dari Pemerintahan Kecamatan Labuhan Maringgai, pada akhirnya disimpulkan bahwa Pelindung Jaya dapat dimekarkan, karena persyaratan – persyaratan yang dibutuhkan untuk Pemekaran suatu Desa sudah dapat terpenuhi, maka pada tanggal 23 Juli 1986 dikukuhkanlah Desa Pelindung Jaya dengan status Desa Persiapan.

Setelah beberapa tahun kemudian Desa Persiapan Pelindung jaya, menurut Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah pada waktu itu dinilai telah layak untuk di Mekarkan, maka pada Tanggal 25 Maret 1991 Desa Persiapan Pelindung Jaya dikukuhkan menjadi Desa Definitif dengan Nama Desa “ Desa Pelindung Jaya “.

 

  1. PROSES PERGANTIAN KEPEMIMPINAN DESA

 

Desa Pelindung Jaya telah mengalami beberapa kali Pergantian Kepemimpinan Kepala Desa dari awal berdirinya hingga saat ini, diantara Kepala Desa yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa Pelindung Jaya antara lain adalah sebagai berikut :

 

NO. N A M A JABATAN PERIODE JABATAN KETERANGAN
1. Hi. YUSFIK CIKMAN KEPALA DESA 1986 – 1993 Penunjukan
2. SUDARTATI, SE. KEPALA DESA 1993 – 1996 Melalui Pemilihan
3. GUNTORO Pj. KEPALA DESA 1996 – 1999 Penjabat ( Pj. )
4. EFRIZAL KEPALA DESA 1999 – 2007 Melalui Pemilihan
5. WAHAB Pj. KEPALA DESA 2008 – 2011 Penjabat ( Pj. )
6. WAHAB
2

KEPALA DESA

2011 – Sekarang Melalui Pemilihan

 

  1. KEADAAN DESA SAAT INI

 

Luas Desa Pelindung Jaya adalah 1.240 Ha, yang telah dibagi kedalama beberapa wilayah Administrasi yang terdiri dari 7 ( Tujuh ) Dusun dan 27 wilayah RT ( Rukun Tetangga ) Penduduk Desa Pelindung Jaya mayoritas umum nya adalah : Suku Jawa ( 96 % ) dan selebihnya adalah Campuran ( Lampung, Padang, China dan Banten ). Mata Pencaharian Penduduk sebagian besar adalah Petani ( sawah dan Perkebunan ) dan sebagian kecil terdiri dari Pedagang, Jasa dan Kerajinan Rumah Tangga. Desa Pelindung Jaya memiliki Pasar Desa yang terbentuk diatas Tanah Hak Milik Penduduk dan Keadaan ini memang sudah terbentuk sejak Desa Pelindung Jaya berdiri.

 

Demikianlah sekilas Sejarah singkat tentang berdirinya Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur. Mudah – mudahan Sejarah singkat yang kami paparkan dalam Monografi ini dapat memberi Gambaran bagi kita semua tentang sejarah  masa lalu Desa Pelindung Jaya, dan akhirnya Kami berharap kiranya Catatan Sejarah singkat tentang Desa Pelindung Jaya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 


PELINDUNG JAYA